PKM-K

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) : Camilan Sehat Kaya Rasa

BIDANG KEAHLIAN :
PKM-KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh :

1. UMMAHATUL AZIES (11026016/2011)
2. ANISA NURHASANAH (11026026/2011)
3. HAFIDA AMALIA (11026014/2011)
4. FATMAWATI KUSUMA WARDANI (11026038/2011)
5. ENENG KHOFIFAH (12003192/2012)

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2013

Lembar Pengesahan
PENGESAHAN USULAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

1. Judul Kegiatan : KRIPIK PIKASA (PISANG KAYA RASA)
2. Bidang Kegiatan : PKM-K
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap : Ummahatul Azies
b. NIM : 11026016
c. Jurusan : Sastra Inggris
d. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
e. Alamat Rumah : Jl. Gambiran UHv, Yogyakarta
f. No. Telp/ HP : 087838594799
g. Email : ummahatul_azies@ymail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/ Penulis : 5 (lima) orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar : Tri Rina Budiwati, S.S, M.Hum
b. NIDN : 60020401
c. Alamat Rumah : Bajen RT 13/RW IV Purbayan, Kota Gede
d. No Telp/ HP : 081568419695
6. Biaya Kegiatan Total :
a. Dikti : Rp 12.500.000,00
b. Sumber Lain : Rp 2.500.000,00
7. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan

Yogyakarta, 21 September 2013

Menyetujui,
Wakil/Pembantu Dekan atau Ketua Pelaksana Kegiatan Ketua Pelaksana Kegiatan

( Tri Rina Budiwati, S.S., M Hum ) ( Ummahatul Azies)
NIP/NIY. NIM. 11026016

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping

( Dr. Abdul Fadlil, M.T. ) ( Tri Rina Budiwati S,S., M Hum)
NIP/NIY. 60960140 NIDN. 60020401

DAFTAR ISI
RINGKASAN………………………………………………………………………………………………….

BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………… 1
1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………………….. 2
1.3 Luaran yang diharapkan…………………………………………………………… 2
1.4 Manfaat………………………………………………………………………………. 2

BAB II
Tinjauan Pustaka
2.1 Keunggulan………………………………………………………………………………..3
2.2 Strategi Pemasaran………………………………………………………………………..3
2.3 Analisis SWOT…………………………………………………………………………4

BAB III
Metode Pelaksanaan
3.1 Pelaksanaan……………………………………………………………………………..5
3.2 Produksi…………………………………………………………………………………5
3.3 Keberlanjutan……………………………………………………………………………6

BAB IV
Biaya dan Jadwal kegiatan
4.1 Anggaran Biaya…………………………………………………………………………………………………7
4.2 Jadwal Kegiatan………………………………………………………………………………………………..8

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
Rancangan biaya…………………………………………………………………………….11
Nama dan Biodata…………………………………………………………………………..13
Uraian Tugas…………………………………………………………………………………….14

RINGKASAN
Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) : Camilan Sehat Kaya Rasa ini adalah sejenis camilan berbahan dasar buah pisang yang diolah menjadi kripik pisang. Makanan yang berdasar olahan pisang yang ada ini masih jarang sekali atau bahkan belum ada yang menawarkan olahan pisang dengan berbagai rasa selai tersebut. Dengan menghadirkan camilan yang inovatif ini diharapkan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat terutama konsumen.
Adapun tujuan dan target khusus yang ingin dicapai, yakni pertama dari segi kesehatan ; untuk memanfaatkan nutrisi buah pisang sebagai camilan yang sehat, membuat produk olahan pisang yang aman untuk dikonsumsi. Yang kedua dari segi inovatif, yakni ; memadupadankan kripik pisang dengan berbagai macam selai, menghasilkan produk Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang disukai dari kalangan masyarakat, dan juga meningkatkan daya kretifitas mahasiswa dalam jiwa berkewirausahaan. Dan yang ketiga dari segi bisnis, yakni; menumbuhkan jiwa entrepreneur dengan usaha yang sesuai dengan keahlian masing-masing, membuka lapangan kerja bagi masyarakat umum.
Adapun target yang ingin dicapai yakni mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang mampu menjual dan menawarkan ke berbagai kalangan masyarakat, memperkenalkan produk baru Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) sebagai camilan yang inovatif, membuat konsumen merasa nyaman dengan hadirnya kripik pisang yang memiliki berbagai selai rasa, juga ingin memproduksi olahan pisang dan selai buah menjadi suatu produk yang digemari oleh masyarakat luar maupun lokal. Serta meningkatkan ketertarikan daya jual yang tinggi pada hasil produk negri sendiri dibanding produk luar negri.
Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan yakni, pertama pengusul menerapkan harga yang terjangkau dan tergolong murah supaya konsumen tidak keberatan dengan mencoba membeli Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang telah jadi, pengusul juga menawarkan macam selai rasa yang bisa menarik konsumen yang digunakan pada kripik pisang sebagai olesan diatasnya. Yang kedua yakni pengusul telah menyiapkan tempat yang terjangkau oleh masyarakat umum sebagai tempat jual Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang mudah untuk didatangi.
.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Lapangan kerja dan kesempatan kerja di Indonesia merupakan suatu kegiatan yang penting dan mulia. UAD berusaha untuk mewujudkannya dengan mata kuliah kewirausahaan yang salah satu tujuannya adalah memberi jiwa kemandirian kepada mahasiswa.
Dewasa ini banyak industri makanan baik industri kecil maupun besar yang berinovasi untuk mengolah pisang menjadi bentuk makanan lain. Persaingan dalam kreasi dan inovasi pengolahan pisang yang unik dan menarik pun kian ketat. Produksi olahan pisang dengan berbagai bentuk sudah banyak dilakukan oleh masyarakat maupun pelaku industri makanan. Variasi bentuk, rasa dan warna yang diproduksi pun bermacam-macam. Dari berbagai bentuk makanan olahan pisang yang ada masih jarang atau bahkan belum ada yang menawarkan olahan pisang dengan berbagai rasa.
Pengusul turut memeriahkan persaingan dalam mengolah pisang dengan mengusung tema sebagai guna hidup sehat. Adapun brand produk pengusul ialah Kripik Pikasa yang bermacam citarasa selai buah. Pertimbangan pembuatan Kripik Pikasa ialah pisang merupakan buah yang digemari oleh hampir semua usia serta keunggulan Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) dibuat tanpa bahan pengawet, pemanis, dan pewarna yang berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi. Keunikan yang dimiliki terdapat pada rasa selai yang ditawarkan; selai strawberry, selai mangga, selai nanas dan selai nangka.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang dibahas adalah :
1. Bagaimana mengolah pisang menjadi kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang menghasilkan rasa yang beraneka ?
Tujuan : Kripik pisang mempunyai banyak rasa.
Teori : Cara mengolah pisang menjadi kripik yang beraneka rasa.
2. Bagaimana memperkenalkan kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) supaya dikenal dikalangan masyarakat Yogyakarta ?
Tujuan : agar kripik pisang kaya rasa di kenal dikalangan masyarakat luas.
Teori : Cara memperkenalkan kripik pisang rasa kepada konsumen.

1.3 LUARAN YANG DIHARAPKAN
Keluaran yang diharapkan dari PKMK ini adalah sebagai berikut :
a. Menghasilkan sebuah inovasi yang mampu menarik minat masyarakat untuk mencoba makanan ataupun camilan yang sebelumnya belum diketahui oleh masyarakat Yogyakarta.
b. Menghasilkan produk camilan sehat kaya vitamin.

1.4 MANFAAT
Bagi mahasiswa :
a. Dengan program ini diharapkan menjadi upaya pengembangan kreativitas dan inovasi produk olahan makanan khususnya pisang.
Bagi masyarakat :
a. Ditemukannya produk olahan pisang yang unik, berkualitas, terjangkau dan prestigious.
b. Program ini diharapkan dapat dikembangkan dalam industri rumah tangga dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Secara umum produk pisang ini bisa dipasarkan dimana pun tanpa melihat letak geografis lokasi pemasaran sehingga pemasaran produk ini bisa secara luas. Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah akses distribusi yang terjangkau. Pembeli produk kami adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan ekonomi karena harga produk yang kami tawarkan cukup terjangkau sesuai dengan biaya produksi. Segmen pasar yang dibidik adalah para penggemar pisang dengan target pasar khususnya anak dan remaja.

2.1 KEUNGGULAN
Keunggulan produk yang pengusul hasilkan ialah :
a. Produk memiliki bentuk unik dengan aneka rasa buah.
b. Produk memiliki nilai estetika karena berbeda dengan kripik pisang pada
umumnya.
c. Dalam produk makanan ini, tidak memakai bahan pengawet.
d. pewarnaan makanan yang dihasilkan, tercipta dari selai buah itu sendiri.

2.2 STRATEGI PEMASARAN
Dalam memasarkan Kripik Pikasa dilakukan penambahan-penambahan strategi pemasaran, yaitu :
a. Bentuk kemasan
Bentuk kemasan akan dikemas dengan menggunakan plastik kemas untuk menjaga kualitas pisang agar tetap renyah. Satu paket terdiri dari lima buah kripik dengan satu rasa.
b. Lokasi
Penentuan lokasi yang strategis juga penting untuk menarik perhatian masyarakat. Untuk tahap awal, promosi bisa dilakukan melalui relasi atau kenalan. Semakin banyak relasi. Sistem tatap muka dengan penjual juga baik untuk pengusaha yang belum atau cukup mampu membeli toko.

c. Sosial Media
Jejaring sosial facebook dan twitter juga dilakukan sebagai strategi pemasaran online. Facebook dan twitter bergenre account bisnis ini dapat secara langsung mendapatkan pelanggan.
d. Sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia
Sertifikat halal dengan mengajukan surat perizinan kepada Department Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk meyakinkan konsumen bahwa Kripik Pikasa tidak mengandung bahan berbahaya.

2.3 Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
Harga jual lebih murah
Pengalaman dalam kegiatan nirlaba Weakness (Kelemaha
Belum berpengalaman dalam professional bussines.
Masih aktif kuliah.
Manajemen belum tertata maksimal.
Lokasi usaha memerlukan manajemen dan pembagian tugas yang baik. Oppourtunity
(Peluang)
Pesaing memiliki produk terbatas Threat (Ancaman)
Ada beberapa yang bergerak dalam usaha yang sama
Keretakan internal
Kurangnya sumberdaya

Implikasi OW
Pembagian jam kerja Implikasi WT
Melakukan sinergi dengan pengusaha lain.
Evaluasi dan pembenahan manejemen.
Implikasi OS
Memaksimalkan kenyamanan konsumen.
Harga lebih murah dengan pelayanan maksimal.
Penganekaragaman produk menggunakan selai.
Implikasi ST
Melakukan lobi-lobi.
Memaksimalkan target promosi melalui media massa atau internet.

BAB 3
METODE PELAKSANAAN

3.1 Persiapan
Persiapan pelaksanaan program meliputi observasi dan orientasi lapangan. Observasi lapangan dilakukan untuk mengetahui ketersediaan bahan baku yang digunakan sedangkan orientasi lapangan juga perlu dilakukan untuk mempersiapkan program baik dalam proses pendesainan, pembuatan Kripik Pisaka, dan analisis produk akhir. Bahan baku dibeli di toko bahan baku makanan.

3.2 Produksi
Produk inovasi yang direncanakan yaitu Kripik Pikasa yang terbuat dari bahan baku yang berupa pisang dan menggunakan pewarna alami makanan. Untuk bentuk dari kripik ini berbentuk lonjong piih. Produksi dilakukan secara terpusat di suatu tempat dengan penjualan secara franchise.
Berikut adalah langkah membuat Kripik Pikasa :
Pisang kepok putih diiris tipis sehingga menjadi 5 irisan.
Pisang kemudian direndam dengan sedikit bubuk soda dan garam.
Kemudian digoreng hingga agak kecoklatan.
Tiriskan pisang kemudian sajikan dengan selai buah yang telah disiapkan.
Cara membuat selai buah :
– Buah dikupas, lalu dipotong-potong dan diblender.
– Kemudian buah disangrai hingga agak kering.

3.2.1 Analisis Hasil Produk
a. Kelayakan Produk
– Produk yang aman dikonsumsi
– Produk yang bebas pemanis, pengawet dan pewarna kimia berbahaya
b. Keunggulan Produk
– Produk mempunyai rasa yang khas sehingga menarik dan berbeda dari produk lain di pasaran.

3.2.2 Keberlanjutan
a. Keberlanjutan Operasional

b. Keberlanjutan Financial

BAB 4
BIAYA DAN JADWAL

4.1 Justifikasi Anggaran Biaya

1. Tabel. 1 Biaya Variabel (Variable Cost) / operasional
No. Bahan Biaya satuan (RP) VOLUME Harga
1. Pisang kepok Rp 15 sisir Rp 180.000,00
2. Gula Rp 20.000,00 3 kg Rp 60.000,00
3. Garam Rp 5.000,00 2 bungkus Rp 10.000,00
4. Nanas Rp 5.000,00 10 buah Rp 50.000,00
5. Mangga manalagi Rp 7 kg Rp 85.000,00
6. Minyak goreng Rp 5 liter Rp 120.000,00
7. Baking soda Rp 2.500,00 2 botol Rp 5.000,00
8. Strawberry Rp 20.000,00 8 kg Rp 160.000,00
9. Nangka Rp 5.000,00 6 buah Rp 30.000,00
JUMLAH Rp 700.000,00

2. Tabel. 2 Biaya Tetap (Fixed Cost)
No. Alat Biaya satuan (RP) volume Harga
1. Pisau Rp 12.500,00 4 buah Rp 50.000,00
2. Telenan Rp 10.000,00 2 buah Rp 20.000,00
3. Wajan Rp 40.000,00 2 buah Rp 80.000,00
4. Baskom Rp 5.000,00 2 buah Rp 10.000,00
5. Serok Rp 10.000,00 2 Buah Rp 20.000,00
6. Gas 15 kg Rp 100.000,00 2 tabung Rp 200.000,00
7. Kompor gas Rp 250.000,00 1 buah Rp 250.000,00
8. Kuas makanan Rp 7.500,00 4 buah Rp 30.000,00
9. Pembungkus produk Rp 20.000,00 1 kg Rp 20.000,00
10. Nampan Rp 6.500,00 3 buah Rp 20.000,00
11. Ruko/ sewa tempat Rp 1 buah Rp 7.000.000,00
12 Blender Rp 200.000,00
JUMLAH Rp 7.900.000,00

3. Tabel. 3 Transportasi
No. Jenis pengeluaran Jumlah
1. Transportasi pengambilan bahan Rp 400.000,00
2. Transportasi anggota 4 orang Rp 400.000,00
Rp 800.000,00

4. Tabel. 4 Publikasi dan Dokumentasi
No. Jenis pengeluaran Jumlah
1. Dokumentasi Rp 200.000,00
2. Penjilidan dan fotocopy proposal Rp 100.000,00
3. Biaya tak terduga Rp 300.000,00
Rp 600.000,00

5. Tabel. 5 Rekapitulasi Biaya
No. Jenis pengeluaran Jumlah
1. Biaya tetap Rp 7.900.000,00
2. Biaya transportasi Rp 800.000,00
3. Biaya variabel Rp 700.000,00
4. Biaya dokumentasi dan publikasi Rp 600.000,00
Rp 10.000.000,00

4.2 JADWAL KEGIATAN PROGRAM

No. KEGIATAN Bulan ke-
1 2 3 4 5
1. Observasi lapangan (bahan baku dan alat)
2. Observasi pasar dan target
3. Produksi Kripik Pikasa
4. Pendistribusian dan penjualan Kripik Pikasa
5. Pelaporan perkembangan program
6. Pelaporan akhir program

LAMPIRAN

Lampiran 1
Analisis Finansial Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa)
a. Direncanakan kapasitas pembuatan kripik per hari sebanyak 30 paket (1 paket = 5 potong)
= Rp. 8.000,00 x 150
=Rp. 1.200.000,00

b. Produk kripik pikasa per paket akan dijual dengan harga:
= Rp 1.200.000,00 + (Rp 150.000,00 x 10%)
= Rp 1.200.000,00 + Rp 15.000,00
= Rp 1.215.000,00

No Jenis Pegeluaran Biaya (Rp)
1 Peralatan penunjang 20-30% 1.975.000
2 Bahan habis pakai 40-50% 315.000
3 Transportasi 10% 80.000
4 Lain-lain 10% 60.000
Jumlah 2.430.000

Lampiran 2

Lampiran 3
NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
1. Ketua Pelaksana
a. Nama Lengkap : Ummahatul Azies
b. Tempat, tanggal lahir : P.long, 5 Januari 1993
c. NIM : 11026016
d. Fakultas/ Prodi : FSBK/Sastra Inggris
e. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
f. No hp : 087838594799
g. E-mail : ummahatul_azies@ymail.com

2. Anggota Pelaksana 1
a. Nama Lengkap : Anisa Nurhasanah
b. Tempat, tanggal lahir : Lampung, 12 April 1992
c. NIM : 11026026
d. Fakultas/ Prodi : FSBK/Sastra Inggris
e. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
f. No hp : 087838286862
g. E-mail : anisanurhasanah916@yahoo.co.id

3. Anggota Pelaksana 2
a. Nama Lengkap : Hafida Amalia
b. Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 10 April 1993
c. NIM : 11026014
d. Fakultas/ Prodi : FSBK/Sastra Inggris
e. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
f. No hp : 085643540969
g. E-mail : katakambing@yahoo.co.id

4. Anggota Pelaksana 3
a. Nama Lengkap : Fatmawati Kusuma Wardani
b. Tempat, tanggal lahir : Sleman, 17 Februari 1993
c. NIM : 11026038
d. Fakultas/ Prodi : FSBK/Sastra Inggris
e. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
f. No hp : 083840447975
g. E-mail : fatmawatikusumawardani@yahoo.com

5. Anggota Pelaksana 3
a. Nama Lengkap : Eneng Khofifah
h. Tempat, tanggal lahir : Pandeglang, 10 Februari 1994
i. NIM : 12003192
j. Fakultas/ Prodi : PBSI
k. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
l. No hp : 083813022767
m. E-mail : Khofifaheneng10@gmail.com

Lampiran 4
NAMA PRODI BIDANG ILMU ALOKASI WAKTU URAIAN TUGAS
Ummahatul Azies Sastra inggris Sastra inggris 4 jam Mengawasi dan memberikan pengarahan kepada anggota dalam kegiatan penyelesaian PKM-K.

Melakukan pengoreksian apabila terjadi kesalahan dalam proses pembuatan camilan.

Anisa Nurhasanah Sastra inggris Sastra inggris 4 jam Mempersiapkan barang jadi untuk di distribusikan kepada konsumen.

Fatmawati kusuma wardani Sastra inggris Sastra inggris 4 jam Mendistribusikan barang jadi kepada konsumen.

Mengatur / menyimpan keuangan.

Hafida Amalia Sastra inggris Sastra inggris 4 jam Menerima pesanan melalui jejaring sosial maupun di lokasi penjualan / kios.

Membuat anggaran penjualan.
Eneng khofifah Pendidikan Bahasa dan satra Indonesia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 jam Mengirim barang melalui post / kilat.

Lampiran 5. Formulir Penilaian Monev PKM-P
Perguruan Tinggi :
Fakultas/Program Study :
Ketua Pelaksana :
Jumlah anggota :
Judul Program :
Biaya Pelaksanaan :
NO Item penilaian Bobot skor Nilai
(Bobot x Skor)
1. Target Luaran
Kesesuaian luaran dan permintaan pasar 10
2. Metode
Keberhasilan metode 10
3. Ketercapaian Target Luaran
Kesesuaian dengan LogBook dan IKJP 20
4. Kesesuaian pelaksanaan
Waktu pelaksanaan, bahan dan alat serta metode
yang digunakan, personalia, biaya 10
5. Kekompakan Tim Pelaksana
Kerjasama, pembagian tugas 10
6. Peranan Pembimbing
Mengoreksi usulan, memantau pelaksanaan,
melayani konsultasi 15
7. Potensi Khusus
Peluang Paten, Peluang komersial, dan Peluang
Keberlanjutan Bisnis (PKMK) 25
8. Jumlah 100
Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 =
Baik; 7 = Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor
Komentar Penilai
………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………..
, ,
Penilai,

Tanda tangan
( Nama Lengkap )

DAFTAR PUSTAKA

Subekti, Agus ,2013. Panduan PKM 2013. Jakarta:
http://lobbyinfo.blogspot.com/2013/0…kesehatan.html
http://forum.kompas.com/kesehatan/269129-manfaat-buah-pisang-bagi-kesehatan.html

Leave a comment